Biografi

Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut.

Anda harus menunggu orang lain menulis suatu artikel mengenai subjek yang melibatkan Anda secara pribadi. Ini berlaku untuk artikel mengenai diri Anda, keberhasilan Anda, bisnis Anda, publikasi Anda, situs web Anda, kerabat Anda, dan hal-hal lain yang melibatkan konflik kepentingan.

Wikipedia telah berulang kali mengalami perselesihan yang panjang mengenai kelayakan, keakuratan faktual, dan netralitas artikel-artikel semacam ini, termasuk artikel mengenai Jimmy Wales, pendiri Wikipedia [1]. Berkaca dari kejadian-kejadian itu, penting untuk menjaga posisi netral Wikipedia dan menghindari munculnya pemaksaan suatu sudut pandang. Namun, ini bukan berarti, bahwa tidak mungkin menulis suatu otobiografi yang netral dan dapat dipastikan, atau bahwa otobiografi sama sekali dilarang. Hanya saja, orang cenderung untuk mempromosikan diri mereka, baik secara nyata (seperti mengatakan “Saya hebat”) atau dengan cara yang lebih halus (seperti tidak menyertakan suatu kejadian negatif tapi penting dan dapat dipastikan dalam hidup mereka, atau menambahkan banyak hal positif tapi tak bersumber, atau memberikan terlalu sedikit perhatian pada hal-hal yang negatif). Karenanya, menulis suatu otobiografi sangat tidak disarankan. Jika seseorang ingin menulis otobiografi, disarankan untuk mendiskusikan hal itu dengan komunitas dan mendapatkan konsensus dulu.

Jika Anda telah mempublikasikan sesuatu di tempat lain mengenai suatu subjek, kami menerima Anda untuk berkontribusi ke artikel mengenai subjek tersebut di Wikipedia. Namun, setiap artikel Wikipedia diharapkan untuk meliput subjeknya dengan cara netral, adil, dan komprehensif untuk memajukan pengetahuan pada subjek tersebut secara keseluruhan. Artikel yang terutama hanya ditujukan untuk memajukan kontributornya akan dihapus.

sumber Wikipedia,Indonesia

0 Response to "Biografi"

Posting Komentar

Powered by Blogger