Tips Membuat Proposal Penelitian 2

Ditulis oleh Anto Satriyo Nugroho di/pada Februari 18, 2007

  1. Mulailah dari survey paper penelitian yang relatif masih baru. Kalau rujukan papernya terlalu lama, bisa jadi tema itu sudah tidak menarik dan dipandang signifikan lagi. Contoh : tema character recognition, di awal tahun 80-an masih cukup menarik, tetapi saat ini, tema ini kurang menantang lagi.
  2. Proposal yang ditulis cukup asal memuat garis besar, tidak perlu terlalu detail. Solusi suatu masalah dalam riset sebenarnya tidak dapat dirumuskan kalau masalahnya belum dapat diformulasikan. Sedangkan seberapa dalam kesulitan suatu masalah, tidak dapat diketahui (walau oleh dosen pembimbing sekalipun) tanpa benar-benar terjun melakukannya.
  3. Paling bagus kalau sudah ada preliminary result yang sudah dipublikasikan sehingga bisa menambah credit points untuk proposal yang dibuat
  4. Yang penting perlu dijelaskan kontribusi apa yang diharapkan dengan penelitian tsb. Misalnya kalau mau mengembangkan algoritma baru, perlu dijelaskan masalah apa yang diharapkan akan terpecahkan, dan dengan terpecahkannya masalah tsb. manfaat apa yang diharapkan. Dulu saya mendapat pertanyaan sisi manfaat dari proposal riset yang sayaajukan bagi lembaga tempat saya bekerja.
  5. Paling “mudah” dalam menjelaskan manfaat itu dikaitkan dengan aplikasinya di dunia industri. Tapi tidak semua riset dapat langsung diaplikasikan, terutama yang sifatnya basic. Juga tidak semua professor senang memikirkan risetnya dari sisi aplikasinya. Salah satu professor di tempat saya dulu sekolah justru menyarankan agar kami jangan mulai berfikir dari “Apa aplikasinya ?”, karena ini akan membelenggu kreatifitas kita dalam merumuskan masalah. Berfikir mulai dari aplikasi, akan membuat metode yang kita kembangkan itu tailored, terlalu spesifik ke masalah itu dan kurang general. Tetapi cara berfikir ini untuk walau mungkin cocok untuk bidang saya (computer science), bisa jadi akan berbeda untuk mereka yang bidangnya lain. Tetapi penguji proposal itu kadang berlainan bidang dengan kita, dan mereka perlu diyakinkan bahwa riset kita itu cukup berharga. Paling mudah yang mereka lakukan adalah dengan mengevaluasi seberapa jauh manfaat riset yang akan dilakukan.

0 Response to "Tips Membuat Proposal Penelitian 2"

Posting Komentar

Powered by Blogger